Tapak Tilas, Relawan Pengusaha Muda Gelar Kirab Api Cinta Jokowi di Solo

Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) membawa obor untuk kirab api cinta Jokowi keliling Solo, Selasa (19/2).

Solo – Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Solo Raya menggelar torch relay atau kirab api cinta Jokowi, Selasa, 19 Februari 2019. Rute kirab obor api itu melintasi sejumlah peninggalan hasil kerja nyata Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

Puluhan anggota Repnas dari Solo Raya dan Semarang tampak berkumpul di depan Waroeng Kroepoek Solo yang menjadi titik pemberangkatan kirab api cinta Jokowi. Selain para relawan pengusaha muda, kirab tersebut juga diikuti sekitar 50 simpatisan dari komunitas lari di Solo.

Prosesi diawali dengan penyerahan obor dari Ketua Repnas Semarang, Arnaz Agung Andrasmara kepada Ketua Repnas Solo Raya, Jimmy Soegiarto. Setelah dilakukan prosesi upacara pelepasan, selanjutnya obor api itu diserahkan kepada anggota Repnas Solo Raya yang menjadi pembawa obor pertama.

Selanjutnya, obor yang dikirab puluhan relawan dan simpatisan pendukung pasangan capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin itu langsung meninggalkan titik awal pemberangkatan sekitar pukul 06.45 WIB. Rute yang diambil melintasi sejumlah peninggalan hasil program kerja Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo seperti Kampung Batik Kauman hingga kawasan pasar antik Ngarsopuro.

Ketua Repnas Solo Raya, Jimmy Soegiarto mengatakan kirab api cinta Jokowi diawali dengan prosesi pengambilan api di Mrapen Grobogan pada Minggu lalu, selanjutnya pada hari ketiga, kirab obor tersebut menuju Solo. Kirab api cinta Jokowi diarak keliling Solo.

“Kirab api cinta Jokowi di Solo ini untuk napak tilas dari peninggalan hasil kerja nyata Pak Jokowi ketika menjadi Wali Kota Solo, seperti melintasi Kampung Batik Kauman dan finish di Ngarsopuro. Dulu Pak Jokowi menata pedagang kaki lima dan pasar antik itu menjadi lebih tertata rapi dan tertib,” kata dia saat prosesi pelepasan kirab api cinta Jokowi di Solo, Selasa, 19 Februari 2019.

 

Kampanye Jokowi-Ma’ruf dengan Cara Unik

Seorang anggota relawan Repnas membawa obor api cinta Jokowi untuk diarak keliling Solo, Selasa (19/2).

Selain tapak tilas peninggalan Jokowi, menurut Jimmy, kirab tersebut juga melintasi kawasan Jalan Jenderal Sudirman Solo. Di kawasan tersebut kini terpasang sejumlah lampion untuk menyambut Cap Go Meh. “Melintasi Jensud (Jenderal Sudirman) karena menunjukkan keberagaman dengan adanya lampion itu,” ujar dia.

Dengan kirab api cinta Jokowi keliling Kota Solo, ia pun mengungkapkan jika untuk menyosialisasikan pasangan capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin tidak perlu dengan saling mengolok-olok, tapi juga bisa dengan cara yang damai dan penuh cinta.

“Salah satunya dengan kirab api cinta Jokowi ini. Kampanye yang penuh dengan cinta dan kasih. Tidak perlu banyak berita hoaks yang disebar. Kita wujudkan demokrasi yang aman, nyaman, dan jujur. Kita berharap supaya Solo tetap aman dan damai,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Repnas Jawa Tengah, Wijaya Dahlan menjelaskan Solo merupakan kota keempat yang menjadi tujuan kirab api cinta Jokowi. Kirab tersebut diawali dengan pengambilan api dari sumber api abadi, Mrapen, Grobogan pada tanggal 17 Februari 2019 kemarin.

“Kirab api cinta Jokowi digelar di Solo. Setelah dari Solo selanjutnya akan dibawa keliling menuju Boyolali, Salatiga, Ambarawa dan kota lainnya,” kata dia.

Nantinya kirab tersebut berakhir di Pekalongan. Jumlah kota yang dilewati kirab api cinta Jokowi itu sebanyak 15 kota dan kabupaten. “Jumlah pengusaha muda yang mengikuti torch relay di Jawa Tengah itu melibatkan 1.000 pengusaha dan 1.000 simpatisan di Jawa Tengah,” dia menandaskan.

You may also like...