Pemerintahan Dorong Karya Kreatif Muda

 

Pemerintah Indonesia telah mendorong karya kreatif anak muda. Berangkat dari daya kreatif anak bangsa yang mampu membuktikan di kancah internasional. Sekarang kerja tidak harus di sektor formal. Daya cipta kreatif anak bangsa harus mampu diwadahi dengan baik.

 

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dari Jokowi-JK

Pemerintahahan Jokowi-JK sejak awal sudah membaca bahwa industri kreatif harus punya wadah pengembangannya. Bekraf menjadi badan pemerintahan pertama Presiden Jokowi di tahun 2014.

Bekraf kordinasinya langsung ke Presiden,  Bekraf membawahi 16 jenis industri kreatif, mulai dari aplikasi dan game developer, desain, film, kriya, kuliner, seni pertunjukan, periklanan, musik hingga fashion.

 

Dukungan Pemerintah

Bekraf telah melakukan tugasnya tentang perancangan, pendampingan dan dukungan konkret untuk bersama memajukan industri kreatif. Untuk dukungan jaringan dan bantuan finansial pemerintah pun sudah mengaturnya di program kerja Bekraf.

Tahun lalu pemerintah mengadakan koferensi industri kreatif di Bali. Rekomendasi kegiatan tadi menegaskan kembali komitmen Indonesia pada dukungan industri kreatif dalam negeri,

Bahkan ketika Jusuf Kalla mengikuti KTT G20 di Argentina akhir tahun kemarin, JK atas nama Indonesia memberi masukan untuk pengembangan ekonomi digital.

 

Kontribusi Industri Kreatif

Data tahun 2017. Industri kreatif juga menyumbang 7,38 persen bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang didominasi oleh sektor kuliner, busana dan kriya. Industri ini juga berkontribusi 13,2 persen penyerapan tenaga kerja di Indonesia, dengan 53,68 persen pekerja kreatif adalah perempuan.

Karena perkembangan zaman, perubahan pasti akan ada, industri kreatif sudah diprediksi akan menjadi motor penggerak roda ekonomi. Dan yang paling menarik adalah industri ini diharap menjadi penyerap calon tenaga kerja aktif di Indonesia.

 

Dana abadi untuk Industri Kreatif

Pemerintah telah menggulirkan dana hampir 1 triliun tiap tahunnya. Dana ini untuk mendorong ekonomi kreatif khususnya anak muda.

Kabar baiknya, bahkan di tahun 2020 pemerintah telah menyiapkan untuk dana abadi agar pengelolaan dananya bisa lebih luas dan berkelanjutan

Kalian yang tertarik untuk menjadi pekerja kreatif bisa memanfaatkan kesempatan ini, ayo bersama kerja untuk Indonesia kreatif dan berdaya.

You may also like...