Karena Bendungan Jokowi, Kini Rakyat Bisa Panen Lebih Banyak

 

 

Salah satu program unggulan Jokowi adalah pembangunan waduk besar, kenapa? Lewat bendungan atau waduk buatan, bisa mengatur irigasi untuk lahan pertanian dan perkebunan dengan jangka waktu lama dan sangat luas. Sederhanya, ketika musim kemarau, debit air akan berkurang, nah lewat waduk akan bisa menjadi opsi untuk mengairi ketika musim kemarau.

Jokowi bangun 65 bendungan

Pemerintahan Jokowi-JK lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengerjakan mega proyek bendungan di daerah-daerah yang rawan kekeringan.

Jokowi beranggapan dengan adanya bendungan bisa menjadi faktor kunci untuk ketahanan pangan nasional. Untuk mengurangi aktifitas impor pangan, maka ketahanan pangan nasional harus dikuatkan.

65 bendungan ini terdiri dari 16 proyek lama dan 49 proyek baru. Jokowi heran, kenapa bisa bendungan yang sudah lama tidak segera diselesaikan, padahal yang terpenting adalah tujuan untuk dibangunnya bendung tersebut, yakni kebutuhan rakyat.

Produksi berkali lipat

Lewat adanya bendungan, jatah tanam otomatis akan bertambah, curah hujan yang sedikit bisa diakali dengan teknologi pengairan modern dengan sumber air awal dari bendungan yang sudah disiapkan sejak musim penghujan.

Dulu yang bisa menanam padi sekali, sekarang bisa 2 kali atau bahkan lebih. Untuk jenis tumbuhan lain bisa seperti sayuran maka produksinya akan tetap stabil sepanjang tahun.

Dampak yang luas

65 bendungan baru itu bisa menampung lebih dari 19,1 milyar meter kubik,  dengan kemampuan seperti itu, maka bisa mengairi lebih 933.000 hektar sawah atau lahan produktif. Ini meningkat pesat dari tahun sebelumnya.

Walaupun di beberapa wilayah mengandalkan sungai dari mata air gunung, lewat media bendungan pasti bisa menjadi teknologi alternatif untuk irigasi air.

Modal besar untuk manfaat yang besar

Untuk membuat 65 bendungan ini terwujud, pemerintahan membutuhkan biaya mencapai 70,1 triliun. Memang ini angka yang besar, tapi visi yang dipunyai Jokowi adalah bukan untuk hari ini, tapi jauh melintas zaman dan generasi. Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang berkualitas, maka akan menghasilkan pengembangan manusia Indonesia di sekitarnya.

You may also like...