Masih engga Percaya, Pemerintah telah Adil dalam Memprioritaskan Desa dan Daerah?

Pemerintahan Jokowi-Jk konsiten dengan Nawa Cita Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Ini bisa dibuktikan dengan program dana desa dan penempatan proyek infrastuktur nasional tidak terpusat di pulau jawa lagi.

 

Dana Desa

Program dana desa adalah program andalan pemerintahan Jokowi-JK untuk mendorong perekonomian desa dan daerah-daerah pinggiran, coba lihat fakta di lapangan,

desa-desa lewat instruksi pemerintah telah memfasilitasi warganya untuk memberikan akses pengembangan desa kuhususnya bidang ekonomi.

Pemerintahan telah menggelontorkan 60 tiliun untuk menggerakkan desa dan daerah.

Contoh keberhasilannya adalah desa Ponggok din Klaten yang mampu menraup 10 miliar lebih pertahun dari kekreatifan warga desa dalam mengelola BUMDes yang ada.

 

Daerah khusus seperti Papua juga mendapat perhatian khusus

Papua adalah bagian dari Indonesia, Jokowi menangkap ini sebagai prioritas. Sebelum pemerintahan Jokowi, Papua selalu dianggap anak bandel yang harus dilecut dengan hukuman.

pendekatan yang dilakukan Jokowi hampir mirip seperti yang pernah dilakukan Gus Dur kala menjabat Presiden.

Mendatangi dan menapaki tanah Papua langsung. Sudah sembilan kali Jokowi menyambangi Papua untuk memastikan Papua mendapat perlakuan adil.

Jokowi menyoroti peningkatan SDM dan pembangunan infrastruktur, walau sempat terganggu karena KKB di Nduga. Jokowi tidak takut, dan tetap memimpikan masayarakat Papua suatu saat memegang peran penting untuk skala nasional maupun internasional.

Bahkan Pemerintah menginisiasi penyelenggaran PON 2020 di bumi cendrwasih, hebat kan.

 

Sumber air su dekat

Kalimat ini sangat populer karena diiklankan oleh perusahaan air mineral, yang menyedihkan adalah iklan itu memotret pada kejadian nyata di NTT.

Bisa dibayangkan betapa sulitnya mencari air pada masa itu.

Pemerintah telah memberi solusi yaitu dengan membangun 7 bendungan untuk mengantisipasi musim kemarau, dan di samping itu warga dihimbau untuk membuat embung ketika musim hujan datang.

 

Dari hal di atas, kita bisa menyimpulkan betapa besarnya perhatian pemerintahan untuk memajukan daerah-daerah pinggiran agar tidak terjadi ketimpangan dengan kota-kota besar.

Sebagai rakyat, mari kita dukung program brilian ini, Indonesia terbentang dari Aceh ke Papua, kita semua adalah saudara, atau dalam bahasa NTT-nya katong samua basudara.

 

 

 

 

You may also like...