Tujuh Mimpi Anak Bangsa Bisa Terwujud Jika Indonesia Bersatu dan Optimistis

 

 

Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Masih ingat penggalan lirik lagu dari Nidji di film Laskar Pelangi? ternyata banyak orang yang menjadikan lagu ini menjadi motivasi dirinya untuk menggapai mimpi-mimpinya.

Ada yang mengatakan, jika seseorang tidak punya cita-cita bayangan ideal seperti mimpi (baca: impian), maka hilang arahlah orang tadi. Ini bila dianalogikan ke negara/bangsa yaa bisa dibilang sama.

 

Mimpi kita sama kok

Jokowi pada tahun 2015 mengumpulkan harapan dan cita-cita anak-anak  tentang Indonesia di masa yang akan datang. Presiden Jokowi menyebutnya kapsul impian dan sengaja ditanam di Merauke. kapsul ini hanya akan dibuka di tahun 2085, kapsul ini menjadi simbol harapan dan cita-cita Indonesia.

“Ini pekerjaan besar, artinya selama 70 tahun atau 100 tahun ke depan, semua elemen bangsa harus terus kerja keras, tidak ada pekerjaan yang instan, tidak ada pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh satu orang atau segelintir orang. Ini kerja bersama,”

– Presiden Jokowi-

Tujuh mimpi anak-anak bangsa dari 34 Provinsi yang ditulis dan disimpan dalam Kapsul waktu itu adalah satu, SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Dua, masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

Tiga, Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia. Empat, masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi. Lima, membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

Enam, Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik. Tujuh, Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Merawat mimpi, bekerja sinergi

Harapan dan mimpi di atas bisa dikatakan mimpi bersama, wabil khusus para pendiri awal bangsa ini.

Lewat 7 harapan dan mimpi masa depan di atas. Pemerintah ingin membuktikan keseriusan kerja mereka ke generasi yang akan datang, mungkin cucu  kalian yang akan merasakan manfaat visi yang telah Jokowi rancang untuk Indonesia.

Apa iya Presdien Jokowi hanya mencari sensasi dan keuntungan selama menjadi Presiden, ya engga mungkin lah. Yang ada Presiden Jokowi ingin mengajak orang-orang untuk bekerjasama bersinergi antar sesama anak bangsa

Bersatu untuk maju

Hal yang membuat Indonesia ini sangat besar adalah rasa persatuan. Bagaimana bisa orang Aceh yang berbeda ras dengan Papua bisa sepakat untuk menjadi bagian dari Indonesia kalau bukan karena rasa persatuan.

Indonesia dibangun dari rasa persatuan tidak hanya satu atau dua ras saja, tapi lebih dari 300 ras/suku yang sepakat kita berada di naungan NKRI.

Dengan adanya rasa persatuan, ini bisa menjadi senjata yang paling utama, dengan kekompakan persatuan, tentu bisa membuat jalan kita kompak dan solid.

Jika rasa persatuan sudah ada dan solid, maka segala permasalahan bisa diatasi bersama, ibarat koloni, jika ada salah satu anggota yang terluka maka anggota lainnya pun memberi bantuan.

Bisa dijamin jika masing-masing warga punya kesadaran bersama untuk bersatu, maka kemajuan negara bisa ditopang bersama,

 

Optimis tanpa ragu

Presiden Jokowi adalah pribadi yang optimis, pemimpin sepatutnya seperti itu. Pemimpin menjadi teladan untuk kelompoknya, tak terkecuali negara Indonesia ini.

Jika Presiden sudah sangat optimis untuk kemajuan Indonesia, kenapa kita ragu akan hal itu. Yang menjadi PR adalah kita lah yang harus bisa meniru rasa optimis seperti Presiden kita.

Jangan sampai karena cita-cita yang tinggi malah membuat nyali kita ciut untuk action. Pokoknya harus selaras apa yang dalam pikiran kita, perkataan kita dan perbuatan kita. Kalau dalam pikiran sudah tertanam ide optimis, maka segala halangan akan bisa diatasi dengan cepat dan efektif.

“Jika kita mau bersatu, jika kita optimistis dan penuh keyakinan, kita akan menjadi negara yang besar, negara yang digdaya, negara yang bermartabat dan dihormati negara-negara lain di dunia.”

– Presiden Jokowi –

You may also like...