Sobat Misqueen Turun

Kamu sudah tahu istilah baru yang dipopulerkan anak muda Indonesia yang ini? Sobat Misqueen (plesetan kata miskin). Istilah ini kerap digunakan saat membincang kondisi sendiri atau teman yang tidak mempunyai uang untuk memenuhi kebutuhan diri. Istilah ini “hype” ketika film Crazy Rich Asians dirilis tahun 2018 ini. Dari film tadi banyak orang membuat joke betapa kismin-nya mereka.

Data Kemiskinan Menurun

Kalau coba ditelisik akar dari kemiskinan adalah tidak adanya sumber pemasukan. Alias tidak kerja atau usaha. Nah, pemerintahan Jokowi telah mencoba untuk mengentaskan kemiskinan secara maksimal.

Jika dilihat secara kondisi nasional, BPS mengeluarkan data kemiskinan Indonesia sudah turun hingga satu digit, tepatnya 9,82 digit. ini sebenarnya bisa dikatakan sinyal positif sekaligus pengingat untuk Indonesia.

Walau berkurang drastis dari tahun 2014, tapi secara angka masih sangat banyak bagi Indonesia

Kemiskinan Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Namun lewat kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan perlindungan sosial seperti dana desa. Diharapkan bisa menjadi penggerak untuk pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

Tingkat Pengangguran Terbuka Terjun Bebas

BPS melansir di tahun 2018 bulan Agustus, tingkat pengangguran terbuka nasional adalah di 5,34 %. Provinsi dengan persentasi tertinggi adalah Banten dengan 8,52% dan terendah adalah Bali dengan 1,37%.

Secara data, ini sudah menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintahan Jokowi telah mencoba melakukan pencegahan dan penggulangan pengangguran.

 

Kerja Kreatif ala Anak Muda

Kamu pernah dengar Nadiem Makarim sang founder Go Jek? Nadiem bisa melihat permasalahan di sekitarnya, lalu mencoba untuk menyelesaikannya dengan efektif lewat teknologi.

Apa yang telah dilakukan oleh Nadiem memberi lecutan bahwa ketika menyelesaikan masalah harus kreatif atau menciptakan sesuatu yang baru.

Kerja kreatif seperti inilah yang didorong oleh pemerintahan Jokowi JK untuk Indonesia khususnya anak muda seperti kalian.

Jadi kamu yang merasa menjadi sobat misqueen tidak usah merasa minder, karena kamu dengan daya kreatifmu seharusnya bisa merubah banyak orang, atau setidaknya bisa merubah dirimu sendiri.

You may also like...