Berantas Korupsi, Pemerintahan Jokowi Juga Terapkan Lewat Online

Apa respon kamu ketika mendengar korupsi? Banyak menjawab memuakkan bukan. Korupsi tidak hanya membincang mereka yang memakai rompi oranye dan berstatus tahanan KPK. Kamu juga bisa disebut koruptor loh, kok bisa?

Kamu yang suka berbohong untuk kepentingan sendiri itu juga termasuk perbuatan koruptif. Kamu yang suka titip absen, kamu yang suka melanggar lalu lintas, dan banyak hal kecil sederhana yang kamu anggap itu benar lewat pembenaran dirimu sendiri.

Langkah Strategi Pemerintah

Nah, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencoba jaring keamanan untuk meminimalisir bahkan sampai level memberantas korupsi lewat online.

Maksudnya? Ya pemerintah akan menggunakan platform online untuk menjamin keterbukaan pendanaan program, pelaporan, pendampingan hingga adanya database.

Jokowi sedang menerapkan secara maksimal upaya pencegahan dan penindakan korupsi, beberapa contohnya; e-tilang, e-samsat, e-procurement, e-budgeting, e-planning, Sistem pengaduan masyarakat seperti saber pungli, Aplikasi Lapor, Whistle Blower dan lain lain.

Tujuan utamanya agar Indonesia terbebas dari korupsi, nah pemerintahan kali ini ingin mencoba merubah paradigma umum. Dulu banyak orang yang menganggap penanganan korupsi hanya akan diurus oleh KPK, Kepolisian dan Kejaksaan.

Ternyata inovasi lewat platform online ini bisa melibatkan masyarakat yang aktif, jadi tidak hanya menunggu sambil menggerutu akan kondisi korupsi yang ada.

Bahkan Jokowi sampai meneken peraturan pemerintah No 43 tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pada 17 September 2018.

Aturan ini menyebut pemerintahan Jokowi bakal memberi hadiah bagi masyarakat yang melaporkan adanya kasus korupsi maksimal Rp 200 juta. Wuih, keren bukan.

Terus Apa yang Bisa Kamu Lakukan?

Jadi kamu harus terlibat pada gerakan pemberantasan korupsi. Hal yang paling sederhana adalah bagaimana menjamin dirimu sendiri tidak korupsi, walau aktifitas korupsi kecil seperti melanggar lalu lintas.

Ada ungkapan sederhana dikit sedikit lama-lama menjadi bukit, sama, ini  berlaku juga pada korupsi. Korupsi besar diawali dari korupsi kecil lho. siap jadi agen anti korupsi?

You may also like...