Infrastruktur Jalan, lha Emang Buat Rakyat itu

suatu ketika di obrolan warung kopi. Samin ditanya Budi “Min, ini pemerintah banyak bangun jalan untuk apa sih?” tanya Budi serius. Setelah menyeruput kopinya, Samin menjawab dengan lugas “Ya biar bisa dipakai masyarakat lah!”,

Sembari Budi membenarkan tempat duduknya “Kan jalan tol hanya untuk orang kaya” sahut Budi. Sambil geleng kepala Samin menjawab jalanan kan bukan hanya jalan tol, jalan yang dibangun itu mulai jalan nasional sampai gang desa tempat kamu tinggal toh.  Budi mengangguk mengamini Samin.

Banyak orang bertanya seperti Budi, jalan untuk apa? Ya untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kalau kamu berpergian ke tempat baru, entah urusan pendidikan, ekonomi, sosial bahkan asmara, kamu kan pasti lewat jalan, masa langsung sampai di tempat seperti pintu ke mana saja milik Doraemon. mustahil banget itu.

Nah, jalan dengan aspal atau beton itu adalah yang tampak secara fisik, tapi dibalik itu semua ada banyak hal yang bisa diulik. Ketika pengerjaan jalan, mulai jalan nasional, trans papua, bahkan pembangunan jalan desa dengan dana desa dipastikan bisa menyerap banyak angkatan tenaga kerja.

Infrastruktur Untuk Rakyat

Data dari Kementerian PUPR, lewat pembangunan banyak jalan ini bisa menyerap lebih dari 3,4 juta tenaga kerja seluruh Indonesia, mulai yang bagian, arsitek, pengawas, penyedia bahan, kontaktor, sampai ke pekerja, wow kan.

Selain perawatan jalan lama, pemerintah sekarang juga fokus untuk membangun infrastruktur jalan sepanjang 2.623 KM jalan baru. Jadi kalau kamu mau ngapel gebetanmu, kamu engga harus takut jalanan rusak atau bergelombang.

Selain itu, penunjang infrastruktur lainnya seperti jembatan juga sedang marak dibangun. Sekarang saja ada 32 jembatan baru yang sedang dibangun untuk mempermudah interaksi warga antar daerah.

Dengan bagusnya infrastruktur berupa jalan, ini akan mempermudah akses keluar masuk suatu wilayah, terbayang engga sih, kalau semisal jalan akses untuk ke lokasi wisata rusak parah. Orang ya bakal malas untuk ke sana. Jadi lewat jalan yang bagus bisa menaikkan potensi wisata.

Sekali lagi pembangunan jalan ini semata-mata untuk masyarakat seluruh Indonesia, dengan adanya pembangunan jalan dan perawatan yang bagus. Jalan di seluruh indonesia bisa menjadi faktor untuk pemerataan ekonomi Indonesia yang adil sejahtera.

You may also like...