Apa Benar TKA China Menyerbu Indonesia?

Dalam beberapa acara talkshow, Indonesia digambarkan seolah diserbu oleh Tenaga Kerja Asing  (TKA) China, dan Pemerintahan Jokowi dianggap membuka keran dan mempermudah akses Tenaga Kerja Asing  (TKA) untuk mendapat izin kerja di Indonesia. tapi apakah ini fakta atau sebatas ungkapan tanpa data dari oposisi?

Kalau melihat data dan fakta dari Kementerian Tenaga Kerja, akhir tahun 2017 total semua Tenaga Kerja Asing  China adalah 24.800 orang. Jadi tidak benar bila ada yang mengatakan bahkan sampai 10 juta TKA China menyerbu Indonesia.

Tahukan kamu, TKI Indonesia yang bekerja di luar Indonesia ada 9 juta TKI di luar negeri, dengan data sebaran di Malaysia (55%), Saudi Arabia (13%), China (10%), Hongkong (6%) Singapura (5%) dan negara-negara lain (11%).

Untuk TKI di China (daratan) ada 81 ribu, di Hongkong 153 ribu, di Macau 26 ribu, dan di Taiwan 200 ribu. Jadi jika ditotal TKI yang berada di China daratan dan lautan bisa mencapai 500 ribu lebih.

Dari data di atas kita tahu, fakta ini berbanding terbalik dengan narasi yang dibangun oposisi dengan mengatakan TKA khususnya China menyerbu Indonesia. Padahal isu ini sering digunakan sebagai komoditi politik untuk menyerang pemerintahan.

Jadi dari sini bisa terlihat hasil data yang malah membuktikan kalau TKI-lah yang  menyerbu China, bukan sebaliknya. Sekarang kalian sudah tahu kan.

You may also like...