5 Hal ini akan membuatmu semakin optimis kepada Indonesia

Tahukah kamu, hal yang menggerakkan insting bertahan hidup adalah rasa optimis. Jika kamu pesimis dan tidak ingin berkembang, maka kamu akan dengan mudah tergilas keadaan dan waktu. Sama juga, Indonesia sebagai negara juga sepatutnya optimis untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Kita sepatutnya menjadikan itu sebagai bahan untuk refleksi, lalu membuat lompatan aksi untuk bekerjasama dan bersatu untuk Indonesia. Lima hal di bawah ini akan membuat kamu semakin optimis mendukung pemerintahan dan negara Indonesia saat ini.

 

1. Indonesia menjadi negara paling optimis di tahun 2018

Lembaga Survey Gallup International menyurvei 55 negara untuk menggali informasi bagaimana optimisme warga terhadap masa depan dan kesehariannnya. Gallup international mengukur tiga indikator, yakni harapan-optimisme  di bidang ekonomi dan kebahagiaan. Dan yang mengejutkan ternyata Indonesia berada di puncak hasil survey sebagai negara paling optimis dengan skor indeks harapan 67. Ini tentu bisa membuktikan kalau mayoritas warga Indonesia merasa yakin dan optimis kalau hidup keseharian mereka bisa terjamin bahagia, aman dan nyaman.

 

2. Indonesia sedang mengalami bonus demografi

Bonus demografi adalah kondisi di mana suatu negara memiliki sumber daya manusia dengan angkatan masa produktif paling banyak. Secara gamblang ini bisa menjadi motor penggerak sendi negara seperti ekonomi, sosial dan budaya. Para angkatan masa produktif inilah yang menentukan lompatan kualitas bangsa. Berkaca pada Jepang dan Korea yang dianggap berhasil memanfaatkan bonus demografi dalam rentang tahun 80-an yang mampu menjadikannya negara maju dan mempunyai pengaruh ekonomi. Secara data dari BPS, tingkat pegangguran di Indonesia sudah menurun hingga di angka satu digit. Dan saat ini pemerintah mencoba mengatasi permasalahan ini dengan pendekatan inovasi terbaru.

 

3. Indonesia mulai mampu mandiri secara teknologi

Tahukah kamu, saat ini Indonesia sudah bisa memproduksi  lokomitif sekaligus gerbong keretanya. Nama lokomotif ini adalah CC 300 Yang diproduksi PT. INKA di Madiun. Indonesia sudah bisa merakit pesawat sendiri, PT Dirgantara yang mampu mencipta pesawat terbang  N219 Nurtanio Telah diresmikan oleh bapak Joko Widodo, PT. Pindad di bidang Alutsista juga tidak ketinggalan, Indonesia sudah bisa menciptakan kendaraan tempur ringan yakni tank Harimau dan senapan seperti Sniper SPR-2 yang diproduksi oleh anak bangsa.

 

4. Indonesia juga sering berprestasi di ajang perlombaan internasional

Ketika perlombaan seperti paduan suara, olimpiade matematika, pembuatan robot dan lain sebagainya.  Kelompok paduan suara The Resonanz Children’s Choir tidak sedikit  mendapatkan juara, seperti di Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition 2017 Italia, di perlombaan olimpiade matematika Internasional anak-anak Indonesia juga memenangkan International Mathematic competition (IMC) 2018 Bulgaria. Pemerintah memberikan insentif berupa dana pembinaan agar tunas bangsa seperti itu bisa memberikan suntikan semangat positif untuk Indonesia

 

5. Indonesia adalah salah satu negara teraman

Indonesia dalam pimpinan Presiden Joko Widodo bisa menorehkan prestasi untuk stabilitas sosial dan ekonomi negara, di tahun 2018 Gallup Global Law and Order merilis hasil survey tentang negara teraman, Indonesia menduduki peringkat 9 negara teraman dengan indeks 89. dalam perwujudannya, ikatan solidaritas sesama masyarakat Indonesia sangat hangat dan budaya kekeluargaan pun tetap dijaga. Coba kita bandingkan dengan negara di belahan lain, semisal di Timur Tengah seperti Suriah, Irak, Yaman dan negara-negara yang mengalami Arab Spring  di Tahun 2011 sehingga terjadi tidak stabilnya negara hingga yang paling buruk yakni perang saudara. Di Amerika Tengah dan Selatan juga mengalami tidak stabilnya Ekonomi, kesenjangan ekonomi masyarakat terlihat ada, sehingga mereka yang terhimpit, mencoba peruntungan hidup di luar negaranya dengan cara membuat karavan manusia untuk menembus perbatasan selatan Amerika Serikat.

 

Itu dia 5 hal yang akan membuatmu semakin optimis memandang ke depan tentang Indonesia. coba tanyakan ke teman atau keluargamu apakah mereka merasa bahagia hidup di Indonesia saat ini. Kemungkinan besar mereka akan merespon dengan jawaban setuju. Dan kita harus akui salah satu kunci kebahagiaan dan optimisme adalah mensyukuri nikmat dan keadaan yang telah ada di Indonesia.  Semangat optimis!

 

 

 

 

 

 

“Hati-hati dengan pikiranmu, itu akan mempengaruhi ucapanmu,

Hati-hati dengan ucapanmu, itu akan mempengaruhi perilakumu,

Hati-hati dengan Perilakumu, itu akan menjadikan karaktermu”.

 

You may also like...